Agen Pengadaan

Agen Pengadaan & Kapan Tepatnya Dibutuhkan

Sejak diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018, memunculkan berbagai hal yang baru, salah satunya adalah agen pengadaan. agen pengadaan digadang – gadang sebagai solusi untuk Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang aspek strukturnya dan anggarannya kecil ataupun Kementerian yang baru dibentuk maupun Pemerintah Daerah baru hasil pemekaran.

Dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Pasal (1) angka 16, Agen Pengadaan merupakan Unit Kerja Pengadaan Barang/ Jasa (UKPBJ) atau Pelaku Usaha yang melaksanakan sebahagian atau seluruh pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) yang diberikan kepercayaan oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah sebagai pihak pemberi kerja. hal ini secara mutatis mutandis menunjukkan tugas agen pengadaan sama seperti Pokja Pemilihan dan/atau PPK.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penugasan agen pengadaan menurut Dr. Robin Asad Suryo dalam paparannya pada Halal Bin Halal dan Diskusi Agen Pengadaan yang dilaksanakan oleh Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI), di mana tidak semua pelaksanaan harus diserahkan kepada Agen Pengadaan maupun sebaliknya, ada beberapa pelaksanaan yang tepatnya dilaksanakan oleh agen pengadaan, seperti pada gambar berikut :

Dari paparan beliau juga, disampaikan saat ini agen pengadaan masih terfokus untuk melaksanakan proses pemilihan penyedia.

Menyadur Paparan Dr. Robin Asad Suryo. Berikut paparan lengkapnya.

 

Penulis Mahdi Syamri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s